slideshow

17/08/15

Diklat Budidaya Padi Bagi Petani




Diseminasi inovasi teknologi budidaya padi kepada petani Desa (tambak Anyar Ilir) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan sudah diselanggarakan pada tanggal 27 April s/d 01 Mei 2015. Diklat ini batujuan gasan memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi tenaga Kelompok Tani yang akan melaksanakan teknologi budidaya padi sasuai anjuran, agar program swasembada pangan kawa terwujud pada tahun 2017.

Diklat tersebut diikuti oleh
­+ 30 orang yang berasal dari Kelompok Tani. Pelaksanaan diklat diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BAKORLUH) Provinsi Kalimantan Selatan lawan berlangsung di Aula P4S Ushuluddin Desa Tambak Anyar Ilir Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan.

Dari hasil wawancara lawan beberapa peserta diklat, taungkap bahwa melalui pelatihan ini para Petani hanyar mangatahui teknologi budidaya padi yang salawas ini dikembangkan oleh Kelompok Tani Lain. Dengan adanya pelatihan gasan Petani dalam usaha budidaya padi diharapkan mampu mambari kontribusi gasan pambangunan pertanian menuju swasembada pangan.

Imbah 5 hari diklat digawi dan dihadiri oleh penyuluh Kabupaten Martapura. Dilaporkan bahwa sacara kasaluruhan diklat berlangsung nyaman, bahwa hasil evaluasi terhadap penyelenggaraan diklat bahwa peserta dari hari pamulaan sampai diklat merasa senang dan antusias dalam maumpati diklat. Peserta merasa puas lawan penyelenggaraan diklat baik itu dari sisi administrasi, pengajaran, akomodasi konsumsi, serta fasilitas dan sarana prasarana diklat.

Peserta secara kasaluruhan mengalami paningkatan dalam pemahaman materi ditinjau dari hasil pre-test dan post-test dimana peserta diberikan soal-soal sebelum peserta manarima materi. Penilaian peserta terhadap fasilitator pun baik dimana dari semuaan fasilitator yang mengajar, secara umum peserta menilai fasilitator baik dalam mambarikan pengajaran kepada peserta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar