slideshow

17/08/15

Kegiatan Panen Padi dan Kedelai (Pajale) di Kecamatan Sungai Tabuk



Martapura, sudah diselenggarakan temu lapang panen padi di Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Acara ini didatangi oleh Kepala Bandan Pelaksana Penyuluhan (Bapeluh) Kab. Banjar, para Kepala Desa se-Kecamatan Sungai Tabuk, Lawan bubuhan para
petani yang badiam di Sungai Tabuk dan sakitarnya.

Acara yang dimulaii lawan panen perdana ini marupakan upaya untuk mendiseminasikan inovasi pertanian gasan masyarakat tani. Padi yang dipanen dari temu lapang ini marupakan kagiatan Demplot padi dalam rangka mendukung UPSUS Padi, Jagung dan Kedelai di Kabupaten Banjar oleh Badan Pelaksana Kabupaten Banjar Kab. Banjar.

Imbah panen perdana, acara temu lapang kemudian ditarusakan lawan penyampaian sambutan dari Ketua Kelompok Tani, Kepala Desa Sungai Tabuk, Dinas Pertanian dan Peternakan, dan Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Banjar. Dalam sambutannya, Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Kab. Banjar Ir. Eddy Hasby, MP manyampaiakan bahwa penerapan tanam jajar legowo dan teknologi pertanian lainnya dapat maningkatkan produktivitas tanaman.

Imbah itu acara dilanjutkan lawan dialog antara para petani lawan instansi takait. Dalam dialog ini, para petani baharap adanya bantuan nangkaya traktor, perontok padi, mesin pompa air, dan kanyamanan dalam maulihi bahan bakar untuk uperasional mesin pompa air tautama di musim kamarau gasan mangalirkan air dari sumur bor ke pahumaan. Akhirnya acara ditutup dengan doa.

Samuga tiknologi-tiknologi pertanian yang sudah didiseminasikan pada Demplot ini kawa diadopsi ulih petani di Kabupaten Banjar supaya produktivitas tanamannya dapat maningkat sekaligus mandukung upaya swasembada nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar